Ramuan Kata Dibalik Mantra

hey! Siapa penggemar Harry Potter?
Meskipun ceritanya udah tamat sampai HP7 film-nya pun sudah di rilis semuanya, tapi yang punya buku masih aja di ulang-ulang
bacanya, yang punya film juga masih anteng di tonton tiap ada kesempatan, bener kan ?
Denger nama Harry Potter, pasti inget deh tuh mantra-mantra yang sering dipakai di film-nya, penasaran nggak sih? Dari mana bu
Joanne Kathlene Rowling menciptakan mantra tersebut ya ? Dan ternyata dari kitab rahasia, apakah itu ? Taraa… Kitab rahasia itu
ternyata Kamus Bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Italia, Portugis, dan terutama bahasa Latin.
Nah, bagi orang Indonesia, kita juga bisa pake tuh bahasa daerah masing-masing, bisa Jawa, Sunda, Minangkabau, dll. Eits, jangan-
jangan nanti bukan mantra yang tercipta, tapi jampi-jampi ala mbah dukun. Hahaha mimin punya contohnya nih, asal muasal kata-kata mantra ala Bu J.K. Rowling, ini ramuannya :
* Accio
Fungsi : Memanggil benda tertentu. Benda yang dikenai mantra tersebut akan melayang mendekati si pemantra.
Ramuan : Berasal dari kata Latin ‘Accio’, yang berarti memanggil.
*Aguamenti
Fungsi : Meneluarkan air
Ramuan : Agua + Mentis.
Agua (Portugis) atau Aqua (Latin) berarti Air. Mentis (Latin) berarti Pikiran.
*Alohomora
Fungsi : Membuka pintu atau jendela yang terkunci
Ramuan : Aloha + Mora
Aloha (Hawaii) berarti Selamat Tinggal.
Mora (Latin) berarti Kembali.
* Avada Kedavra
Fungsi : Salah satu Kutukan Tak Termaafkan. Menyebabkan kematian seketika. Biasanya tidak meninggalkan bukti kerusakan pada tubuh maupun sebab kematian sehingga tidak dapat dideteksi oleh otopsi kaum Muggle.
Ramuan : Berasal dari bahasa Aramaic ‘Adhadda Kedhabhra’, artinya biarkan menjadi hancur.
* Engorgio
Fungsi : Membuat ukuran sesuatu menjadi berlipat.
Ramuan : Berasal dari kata Latin ‘Engorgo’ yang berarti membengkakkan.
* Expelliarmus
Fungsi : Melucuti senjata lawan.
Ramuan : Expelo + Arma.
Expelo (Latin) berarti melucuti.
Arma (Latin) berarti senjata.
* Incendio
Fungsi : Menyalakan api.
Ramuan : Berasal dari kata Latin ‘Incendo’ yang berarti melemparkan api.
* Lumos
Fungsi : Menyalakan cahaya.
Ramuan : dari kata Latin ‘Lumen’, yang berarti cahaya.
* Nox
Fungsi : Memadamkan Cahaya.
Ramuan : dari kata Latin ‘Nox’, yang berarti malam.
* Obliviate
Fungsi : Menghapus ingatan.
Ramuan : dari kata Latin ‘Oblivisci’, yang berarti lupa.
* Petrificus Totalus
Fungsi : Membuat sekujur tubuh korban jadi kaku.
Ramuan : Petrificare + Totalis.
Petrificare (Latin) berarti membuat jadi batu.
Totalis (Latin) berarti semua.
* Rictusempra
Fungsi : Membuat korban jadi terbahak-bahak tanpa dapat mengontrolnya.
Ramuan : Rictus + Sempra.
Rictus (Latin) berarti mulut menganga.
Sempra (Latin) berarti selalu.
* Tarantallegra
Fungsi : Membuat kaki seseorang bergerak tanpa kendali, seperti sedang menari dengan cepat.
Ramuan : Tarantella + Allegro.
Tarantella merupakan tarian rakyat Taranto, sebuah kota di Italia.
Allegro (Latin) berarti cepat.

Mau mantra lainnya? Wah banyak banget, apalagi kalo kamu punya banyak kamus bahasa dan bisa bikin mantra-mu sendiri. Pasti seru kan?!

This entry was published on September 13, 2012 at 4:17 am. It’s filed under Artikel Menarik and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Speak Your Mind

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: