Dampak Spesialisasi Pembagian Kerja (Adam Smith)

TEORI ADAM SMITH

Menurut Adam Smith pembagian pekerjaan (Devision Labor) dengan disertai spesialisasi dapat menyebabkan :

  1. Kenaikan kecakapan para pekerja
  2. Mengurangi waktu yang biasanya bisa digunakan untuk menghasilkan barang-barang yang sama.
  3. Penemuan mesin-mesin dan peralatan yang lebih baik (Inovasi)

Sebetulnya Teori Devesion of Labour ini ada, Adam Smith sudah mengemukakan pentingnya akumulasi Modal. Sebagai akibat dari pokok teorinya maka sebagian konsekuensinya Tabungan merupakan syarat mutlak bagi ekonomi pembangunan.

Dengan pertambahan modal tersebut, maka akan mengakibatkan kegiatan atau pertambahan jumlah usaha, sehingga jumlah pekerja akan bertambah, dan produksi akan naik. Akibatnya income perkapita akan naik pula. Dengan bertambahnya income itu, maka tabungan akan bertambah besar dan investasi akan bertambah besar pula.

Dengan adanya investasi yang besar, akan terjadi Akumulasi Modal dan selanjutnya dikatakan bahwa sekali pembangunan dimulai makan akan terjadi akibat yang kumulatif sebagai berikut :

  1. Kemungkinan meluasnya pasaran yang cukp sebagai akibat dasar untuk pemusatan (pembentukan modal) mengakibatkan Devision of Labour dan menaikkan tingkat produksi.
  2. Akibat kenaikan pendapatan nasional dan kemunkginan pertambahan penduduk yang sesuai dengan kenaikan pendapatan nasional itu tidak hanya mengakibatkan perluasan psaran, tetapi juga saving lebih besar dapat di investor.
  3. Karena pekerja-pekerja menjadi lebih spesialis dan pasaran berkembang, maka kemampuan dan pendorong untuk memperbaiki keahlian atau skill menjadi bertambah.

Perbaikan-perbaikan/spesialisasi selanjutnya mengakibatkan produktivitas besar pula

 

This entry was published on October 19, 2012 at 3:43 am. It’s filed under For Class and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Speak Your Mind

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: