PELAJARAN TENTANG EKONOMI PEMBANGUNAN

Sebagai pengantar dalam mempelajari Ilmu Ekonomi Pembangunan akan diajukan beberapa pertanyaan sebagai berikut :

  1. Apakah Ekonomi Pembangunan itu ?
  2. Mengapa di pelajari ?
  3. Bagaimana mempelajarinya ?

Mengenai Ekonomi Pembangunan ini tidak ada Definisi yang tepat, sebab semua definisi yang dikemukakan hanyalah merupakan pegangan saja.

Definisi Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan adalah suatu proses dimana Real Nasional Income/Pendapatan Nasional dalam perekonomian suatu negara naik terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Yang digunakan sebagai ukuran apakah negara itu maju atau tidak, bila dihitung Rate of Development-nya adalah lebih tinggi daripada Rate of Population-nya, karena ini menunjukkan income yang semakin berubah.

Dalam definisi kata “proses” berarti dari suatu usaha tertentu. Proses tersebut bekerja pada jangka waktu yang lama dan menjelma dalam Variabel tertentu. Sebagai akibat dari keseluruhan proses tersebut apakah pertumbuhan dalam produksi nasional suatu negara atau suatu perekonomian. Produksi Nasional adalah hasil terakhir dari pembangunan ekonomi, oleh sebab itu, jumlah Nasional Income ini digunakan sebagai ukuran kemajuan.

Proses yang mempengaruhi produksi nasional ini dapat dilihat dari perubahan-perubahan permintaan dan penawaran dari faktor produksi tersebut.

This entry was published on October 19, 2012 at 3:37 am. It’s filed under For Class and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Speak Your Mind

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: