Perkembangan dan Perubahan Lingkungan Sosial Budaya

Keadaan Lingkungan Hidup sangat mempengaruhi perilaku manusia yang kemudian berpengaruh pula pada Lingkungan Sosial Budaya, ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan lingkungan sosial, diantaranya adalah faktor geografi, ekonomi, politik, ideologi, teknologi dll.

Dari beberapa faktor tersebut kita dapat memperhatikan dari faktor teknologi, contohnya penggunaan ponsel atau telepon genggam yang digunakan untuk mengirimkan pesan singkat pada saat hari besar keagamaan, hari ulang tahun, dan sebagainya, kebiasaan tersebut menggeser budaya mengirim kartu ucapan kepada teman, atau sanak saudara. Orang lebih mudah dan lebih cepat berhubungan dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh, baik untuk urausan pribadi maupun bisnis, akan tetapi rasa keterasingan justru meningkat, segan atau bahkan tidak mau berkomunikasi dengan kawan yang dekat sekali secara badani, misalnya keluarga.

Kemudian contohnya dari cara produksi di pabrik, sistem bagaimana pendapatan masyarakat dibagi diantara anggotanya menimbulkan perubahan sosial dalam masyarakat. misalnya timbul serikat buruh yang melakukan tawar menawar sebelum menandatangani Perjanjian Kerja Sama. Adanya negara yang menganut sistem perekonomian kapitalisme, berdasarkan sistem negara kesejahteraan atau sosial demokrasi, berdasarkan sosialisme. Itulah contoh pengaruh ekonomi.

This entry was published on October 19, 2012 at 4:33 am. It’s filed under For Class and tagged . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Speak Your Mind

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: